Jumat, 13 Desember 2013

ODOJ : Fenomena Baru Jejaring Sosial Religi

Khataman Al Quran jamaknya di lingkungan saya, dilakukan bila ada orang yang meninggal mulai hari pertama sampai dengan hari ketujuh. Agenda acara nya cukup sederhana, tetangga yang menghadiri acara khataman, dibagikan Buku/Mushaf Al Quran yang dicetak per Juz. Biasanya dalam satu malam, satu orang dijatah khatam sampai 1 juz.

Mungkin terinspirasi tradisi ini sekelompok pemuda mengawali membuat jejaring khataman Al Quran menggunakan media Whatsapp dan BBM sebagai media komunikasi sesama anggotanya. Setiap anggota yang bergabung, dibagi menjadi kelompok, dan tiap kelompok terdiri dari 30 orang. Kemudian ketua grup atau admin atau imam khatam nya membagi rata tiap anggota 1 juz yang harus dibaca dan disetorkan maksimal jam 20.00 waktu setempat.

One Day One Juz ( ODOJ ) adalah program yang diinisiasi oleh Rumah Qur’an untuk memfasilitasi dan mempermudah kita dalam tilawah Al-Qur’an dengan targetan 1 juz sehari.
Dengan memanfaatkan Instant Messager, tilawah 1 juz sehari jadi lebih menyenangkan dan lebih termotivasi.
Insha Allah..TILAWAH JADI LEBIH FUN DAN SEHARI SEJUZ JADI LEBIH RINGAN…^_^
Fenomena menarik ini dapat anda simak di http://onedayonejuz.org/  banyak testimonial yang menarik dari para anggotanya. dan kabarnya beberapa selebritis ditengah kesibukannya antara lain Teuku Wisnu, aktif di salah satu grup ODOJ.

Semoga, upaya ini bisa menambah kecintaan kepada Al Qur'an dan dapat memberikan berkah dan kebaikan kepada Negeri tercinta ini.

2 komentar:

  1. wah, makin kreatif dan inovatif. semoga lewat jejaring sosial semacam ini, para member makin religius.

    BalasHapus