Senin, 02 Desember 2013

Menikmati Saucy Salamander

Setelah sekian lama notebook saya vakum dari installan linux, akhir pekan lalu saya mencoba install kembali linux. Pilihan utama tetap Ubuntu versi terbaru 13.10.  Versi ubuntu yang terbaru ini ternyata cukup ringan dan gegas saya install di notebook tua saya yang hanya memiliki otak Intel Celeron 540, dengan RAM 1,5 Gb. Versi ini lebih ringan bila dibandingkan versi 12.04.

Dengan beberapa langkah modifikasi, saya merasa semakin nyaman sekali menggunakan Saucy Salamander untuk menemani aktifitas kerja saya. Sama nyamannya dengan windows 8 yang saya gunakan di PC Desktop saya.

Beberapa langkah yang saya lakukan untuk mooding desktop dan performa Saucy antara lain sebagai berikut :
Update dan Upgrade
dengan menggunakan alt ctrl t untuk masuk terminal ketik perintah berikut :
sudo apt-get update
sudo apt-get upgrade
Disable System Crash Reports :
sudo gedit /etc/default/apport
 Memasang Dock Untuk mengganti taskbar unity:
sudo add-apt-repository ppa:cairo-dock-team/ppa
sudo apt-get update
sudo apt-get install cairo-dock cairo-dock-plug-ins

 Karena Notebook saya sudah uzur, saya tidak menginstal codec mp3 dan codec video lainnya. Cukuplah dengan  langkah diatas saya sudah puas dengan ubuntu 13.10 Saucy Salamander

2 komentar:

  1. wow ... mantab banget mantra jitunya, mas pur. dah lama banget saya ndak ngoprek os perlinuxan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama pak Wali... untuk yang satu ini pantas di coba lagi lo.... betul-betul ringan jalannya di laptop jadul

      Hapus