Minggu, 05 Desember 2021

Kembali ke Ubuntu



Setelah lama tidak menggunakan OS Ubuntu, karena beberapa 'sebab' akhirnya saya mencoba lagi untuk menggunakan OS Ubuntu di akhir tahun 2021 ini. Ubuntu adalah sebuah sistem operasi dan distribusi Linux berbasis Debian yang gratis dan open-source. Sistem operasi ini dibangun dengan menggunakan infrastruktur Debian dan terdiri dari server, desktop, dan sistem operasi Linux. Kali ini saya menggunakan ubuntu 21.10 yang diberi nama Impish Indri dengan menggunakan default desktop budgie.

Ubuntu Budgie adalah flavor resmi yang menggunakan Ubuntu dan Budgie Desktop sebagai basis untuk menawarkan kepada pengguna. Menawarkan sistem operasi ringan tetapi dengan antarmuka modern dan kompatibel dengan fungsi dan pustaka Gnome tanpa menginstal desktop besar, menjadi alasan saya untuk memilih citarasa desktop ini. 

Versi baru dari Ubuntu Budgie akan hadir aplikasi Ubuntu Budgie Welcome yang diperbarui yang tidak hanya akan memandu pengguna pemula dengan lebih baik, tetapi juga akan datang dalam format sekejap untuk meningkatkan dan mengamankan pembaruan  berikutnya. 

Yang saya rasakan setelah menggunakan OS Ubuntu 21.10 budgie adalah sistem operasi yang ringan, mudah di gunakan, bisa di kustom penampilannya dan sudah lebih dari cukup untuk mengelola aktifitas pekerjaan sehari-hari di kantor. Satu yang tetap menjadi kendala bagi saya adalah setting untuk pengaturan presentasi menggunakan perangkat tambahan, selain itu tak ada kendala lain dalam menggunakan OS ini.






0 komentar:

Posting Komentar